yes, he (red-raditya dika) makes something different in  his new book MMJ (Marmut Merah Jambu)..

jadi di buku nya yg ke 5 (eh bener ga ya 5, iya bener deh 5 :D), dia  menceritakan kisah cintanya yang bisa dibilang selalu bertepuk sebelah tangan *poor*😀

di buku ini pun tetep ga luput dari yang namanya komedi yang selalu bikin kita ketawa baca jokes2nya dia..

tapi yang ngebuat beda adalah, ada beberapa kalimat disetiap paragraf yang dia kemas tuh bikin kita berasa dalem bgt dan beberapa harus gw akui yaa kita senasib lah🙂😉

let me explain every sentence that made him

Judul:  orang yang jatuh cinta diam-diam

Halaman: 3

“orang yang jatuh cinta diam-diam tahu dengan detail semua informasi orang yang dia taksir”

menurut gw untuk yang ini pasti semua orang pernah ngalamin yang namanya jatuh cinta diam-diam dan tahu semua tentang orang yang ditaksir, darimana? tentu dari teman, hasil observasi. mungkin iya gw pernah ngalamin ini, lets say saat SMP maupun SMA..

saat sekarang? TIDAK!!, gw tidak sedang jatuh cinta diam-diam atau bahkan diam-diam jatuh cinta padanya, TAPI…..tapi kenapa gw mau tau segala sesuatu tentang dy yaa?? hmm.. kadang gw suka nyari tau lewat twitter atau fb nya dy..gw liat timeline profile twitter dy, gw liat profile fb dy..

hmm, lalu apa ini namanya? sungguh, gw tidak jatuh cinta pada dy.. kembali pada keyakinan gw bahwa ini rasa penasaran, yes am sure!!

Halaman: 4

“orang yang jatuh cinta diam-diam memenuhi catatannya dengan perasaan hati yang tidak tersampaikan”

wow, iyaa banget..dan sama nih sama si radit, biasanya saat masih sekolah pasti klo lg naksir orang nulis-nulis di buku catetan atau meja kelas inisial nama kita dan nama dy, dan biasanya juga antara inisial nama itu kita kasih tanda hati🙂 hihi, kalo dipikir-pikir lucu juga yaa, norak kali lebih tepatnya😀.. ya ga usah jaman sekolah, nih sekarang pun gw ngalamin kok..liat aja postingan gw sebelum-sebelumnya, see? adakan beberapa yang menguak hal-hal tentang beberapa pria yang hanya bisa gw cintai dan kagumi secara diam-diam dan hasilnya semua tidak tersampaikan dan gw cuma bisa mengungkapkan disini, diblog ini🙂

Halaman: 6

“orang yang jatuh cinta diam-diam selalu bertingkah seperti seorang penguntit”

hmm, gimana yaa..ada benernya sih..tapi karena gw tidak pernah mengalaminya jadii, skipp aja yaa😉 karena gw merasa tidak sedang menguntit mereka orang-orang yang gw cintai diam-diam atau bahkan diam-diam mencintainya🙂

Halaman: 14

“orang yang jatuh cinta diam-diam pada akhirnya selalu melamun dengan tidak pasti, memandang waktu yang berjalan dengan sangat cepat dan menyesali semua perbuatan yang tidak mereka lakukan dulu”

ya tuhan, andai waktu bisa diulang deh..gw mau bilang sama mereka kalo gw sayang mereka, gw menginginkan mereka jadi bagian hidup gw..ah betul sekali, sekarang cuma bisa menyesali dan melihat mereka bahagia sama pilihan mereka😦 poor!! tapii, ah masa iya sih harus gw yang bilang duluan?? kan katanya cw gengsi buat ngungkapin hal-hal semacam itu…hmmm,ga deh..ga mau waktu diulang😀, biar gw tetep menyimpan semuanya dengan rapi dan perlahan menghilang usang dimakan waktu sehingga sampai pada suatu hari nanti angin akan membawanya kembali🙂

Halaman: 14

“orang yang jatuh cinta diam-diam harus bisa melanjutkan hidupnya dalam keheningan”

yes.yes.yes its too much true😉 mereka sudah memilih jalan hidup mereka, mereka memilih pilihan mereka..dan gw? ya gw pun juga move on 🙂

Halaman: 15

“pada akhirnya, orang yang jatuh cinta diam-diam hanya bisa mendoakan. mereka cuma bisa mendoakan, setelah capek berharap, pengharapan yang ada dari dulu, yang tumbuh dari mulai kecil sekali, hingga makin lama makin besar, lalu semakin lama semakin jauh”

yes, gw cuma bisa mendoakan buat mereka disana, mendoakan untuk kebahagiaan mereka dan yang terbaik untuk mereka..ups ga lupa gw juga berdoa buat diri gw sendiri🙂 *tetep ga nerima mereka sama orang lain..aahahaha!!*😀

Halaman: 15

“orang yang jatuh cinta diam-diam pada akhirnya menerima”

hmm, ya abis apalagi yang bisa dilakukan..ya menerima semua kenyataan yang ada..meskipun itu semua berat buat dilakuin atau bahkan terpaksa harus dilakuin, tapi ya balik lagi, kita mesti MOVE ON!!😉

Halaman: 15

“orang yang jatuh cinta diam-diam paham bahwa kenyataan terkadang berbeda dengan apa yang diinginkan”

yes damn its true!! apa yang kita inginkan belum tentu yang kita butuhkan, tapi bukan berarti juga apa yang kita butuhkan pasti yang kita inginkan..karena apa yang udah kita dapet dan terima, itulah yang TERBAIK dari tuhan buat kita..karena tuhan lebih tahu apa yang kita inginkan dan kita butuhkan🙂

Halaman: 15

“orang yang jatuh cinta diam-diam hanya bisa, seperti yang mereka  selalu lakukan, jatuh cinta sendirian”

hihihihi, agak lucu sih kalimat diatas..jatuh cinta sendirian? serem juga ya..hehe, jatuh cinta sendirian, kembali memendam semua rasa, menyimpannya dengan rapi🙂

Judul:  misteri surat cinta ketua osis

Halaman: 40

“apa yang salah dari orang yang terlalu dalam sayang sama orang lain?”

ya tuhan, betapa tak bersyukurnya mereka yang menyangkal bahwa mereka memiliki anugerah dari mu berupa rasa untuk mencintai dan dicintai, menyayangi dan disayangi..

ah, bohong banget setiap kita ga pernah mencintai dan dicintai..beruntunglah kalian yang masih bisa merasakan yang namanya mencintai dan dicintai..setiap kita patut merasakan hal tersebut..

apa yang salah ketika kita mencintai menyayangi seorang yang jauh lebih muda maupun lebih tua dari kita? dimana letak kesalahan kita mencintai dan menyayangi seorang tuna rungu, tuna netra? lalu dimana letak kesalahan saat kita telah jatuh cinta pada seseorang sejak pandangan pertama? dimanaa salahnya?? siapa yang bisa menjawab? ah, ga ada yang bisa pasti deh!!  perasaan ga bisa dibohongin, ga bisa disangkal..gw sangat kagum pada mereka yang bisa saling mencintai dan dicintai karena kekurangan mereka, bukan karena kelebihan mereka tapi konteksnya bukan karena kasian ya.. and for me the hardest part in love someone is how can we accept their minus? (hey inez, nobodys perfect)😉

Judul: Balada sunatan edgar

Halaman: 58

“karena luka hati, terutama ketika tidak dijahit, bisa jadi tidak akan pernah kering”

mungkin sama halnya (mungkin pernah denger) dengan kalimat tentang paku. paku yang telah ditancapkan di dinding kemudian dilepas akan memberikan bekas lubang disana, tapi jika bekas lubang itu ga pernah ditambal atau ditutup kembali, sampai kapan pun akan tetap berlubang. ya itulah luka , meninggalkan bekas yang jika tak diobati atau disembuhkan akan lama bisa sembuhnya..

gw, yang sering kali merasakan luka itu dan meninggalkan bekas disana,  seandainya perasaan bisa dilihat mungkin banyak lubang disana dan gw ga tahu gimana menutup lubang-lubang itu. membuatnya menjadi utuh kembali seperti semula. gw yang ga tahu gimana caranya menjahit luka-luka itu biar kering. gw yang ga tahu gimana menyembuhkan dan mengobati luka-luka itu.

Judul: pertemuan terakhir dengan Ina Mangunkusumo

Halaman: 90, 91

“kita hanya bisa sempurna jika bertemu dengan soulmate kita. bagaimana kita bisa tahu itu soulmate kita? bagaimana kita bisa yakin, terhadap orang yang kita cintai bahwa dia memang the one

really like that sentence!! betul banget, apa sih sebenernya konsep soulmate? apa sih indikator yang namanya jodoh? bagaimana bisa kita tahu bahwa orang yang sedang kita pacarin atau yang  sudah (kelak) jadi suami kita, bahwa dia adalah jodoh kita? darimana kita tahu? apa ada tulisan di salah satu bagian tubuh orang tersebut yang menuliskan bahwa ‘ya, saya adalah jodoh kamu’..how does we know world?? gimana sama mereka yang sering ganti-ganti pasangan dalam hidup mereka? jadi yang mana jodoh mereka sebenarnya?

memang gw adalah salah satu orang yang percaya sama kalimat ‘kalo jodoh ga akan kemana’, tapi ya itu balik lagi darimana kita tahu dia/sesuatu itu  adalah jodoh kita..apa karena dia/sesuatu itu udah (sering) hilang, tapi entah gimana caranya bisa balik lagi dan balik lagi ke kita? *FYI, buat gw jodoh bukan hanya seseorang tapi bisa juga berupa barang, binatang, dll*.. ah terlalu panjang.rumit dan ga ada habisnya kalo ngomongin jodoh dan percintaan🙂


Judul: How i meet u not your mother

Halaman: 143

“bagaimana orang bertemu memang aneh, absurd, kompleks. Tidak ada yang tahu pasti kapan soulmate bisa datang”

iya setuju banget emang sangat aneh, kalo dibuku ini raditya dika nyeritain dua orang nonton dibioskop sendrian, dan akhirnya salah satu dari mereka bertanya jam kemudian mereka bisa lanjut sampe makan bareng. Jangankan untuk di dunia nyata, di dunia maya pun banyak yang seperti itu. Dimulai dengan mereka bertegur sapa di sebuah jejaring pertemana (facebook atau twitter), ngobrol, saling nyambung, tukeran no.hp, intens dalam smsan atau telpon, akhirnya merasa nyaman satu sama lain dan jadian, pacaran tanpa mereka merasa harus bertemu terlebih dahulu.

Aneh–>> darimana kita tahu orang yang telah menjadi pasangan kita, yang kita kenal melalui dunia maya adalah seorang yang baik? tapi pada kenyataannya mereka terus merasa nyaman, bahkan sampai menikah dan hal seperti ini telah terjadi pada seorang senoir di kampus. yaa, memang sangat absurd.

Dan memang tidak ada yang bisa tahu dan memprediksikan kapan pasangan kita akan datang. Entah besok, lusa, minggu depan, bulan depan, 2 bulan lagi, setahun lagi, 5 tahun lagi, and so on. Ya memang tidak ada yang tahu, yang tahu hanya TUHAN. Tuhan tahu siapa orang yang terbaik dan siapa yang kita butuhkan untuk kita disaat yang tepat, karena tuhan baik🙂

Halaman: 145

“cerita bagaimana sepasang kekasih bertemu selalu hal yang menarik untuk didengarkan”

gw adalah salah satu orang yang sering bertanya pada diri sendiri, ketika gw melihat sepasang suami isteri atau sepasang kekasih (omigot, agak geleh gw nyebutnya ‘kekasih’ -_-..oke, orang pacaran :D) ‘kira-kira mereka bisa sampai seperti sekarang ini gimana ya? ketemu dimana ya mereka? kira-kira nanti gw sama pasangan gw ketemunya dimana dan gimana ya? apakah dengan cara seperti mereka?’ iyaa itulah yang sering ada di benak gw.

Halaman: 163

“kangen itu salah satu perasaan yang paling menggangu sekaligus menyenangkan”

setuju banget!! kangen, yang dipikirin cuma dia. Segala sesuatu tentang dia, bisa jadi sampe ga bisa makan bahkan tidur. Ga konsen mengerjakan sesuatu. Dan ini terjadi pada salah seorang sahabat gw yang saat itu lagi PDKT sama pasangannya yang sekarang. Sahabat gw bahkan sampe ga ngegubris apa yang lagi gw omongin, padahal dia disebelah gw, dia bengong mikirin terus apa yang pasangannya omongin. Oh my, sebegitu dahsyatnya kekuatan perasaan KANGEN. Iya gw pasti juga pernah ngerasain kangen, tapi yaa masih dalam batas wajar-wajar aja😉

Halaman: 163

“masing-masing dari kita punya garis kehidupan yang telah digambarkan dan masing-masing dari kita, kalau diizinkan , akan saling bersinggungan”

dan balik lagi, semua memang kehendak dan atas izin Tuhan yang maha baik🙂. Kalo tuhan menggariskan dan mengizinkan gw bersama mereka (pria-pria yang telah atau hanya sebentar berada di kehidupan gw atau gw inginkan), toh gw pasti  gw bersama mereka, tapi ternyata tuhan punya seseorang yang sangat jauh lebih baik, tepat dan gw butuhkan daripada mereka🙂

Judul: Cinta diatas sepotong chatting

Halaman: 212

“kalau mimpi kita ketinggian, kadang kita perlu dibangunkan oleh orang lain”

karena mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia (nijdi – laskar pelangi)

well, silahkan baca selengkapnya di bukunya Marmut Merah Jambu.

terimakasih raditya dika, paling tidak setelah membaca ini semua semakin membuat gw sadar bahwa pasangan kita akan datang pada waktunya karena jodoh ditangan tuhan🙂

NB: karena ngeditnya udah jam 2 pagi, jadi agak-agak erorr nih editannya -_- ga tau mau ngerangkai kata kaya apalagi :p

regadrs

inez